atraksi dapur #2 : Karedok

10:07 PM

asik asik saya berkesempatan belajar masak lagi
mumpung lagi puasa dan nggak banyak kegiatan,
saya berniat untuk bantu bantu masak buka puasa
yaa siapa tahu jadi bisa. haha

kali ini saya masak karedok ala Ayah saya
cuma bantu potong potong sayuran sih,
dan Ayah yang bikin bumbunya
tapi saya disuruh ngliatin proses bikin dari awal sampe akhir
siap deh ayah! :)

dipelajaran masak kedua, saya berhasil motong timun tipis tipis
tapi gagal motong kol kecil kecil
udah dicontohin dan ngulang berkali-kali, tapi tetep aja nggak bisa
huhuhu. pedih!
tapi tak apa yang penting bisa dimakan
hahaha

RESEP KAREDOK

Karedok adalah makanan khas daerah Jawa, tepatnya Jawa Barat. Masakan ini sangat unik karena semua sayuran dalam keadaan segar, tanpa melalui proses pemasakan sehingga kandungan gizi dan seratnya sangat padat.

Resep Bahan Karedok :

    * 100 gram kacang panjang muda, potong 1/2 cm
    * 2 lembar daun kol, buang tulang daunnya, iris halus
    * 100 gram taoge
    * 100 gram ketimun, belah, potong 1/2 cm
   
Resep Sambal Kacang Halus Karedok :

    * 200 gram kacang tanah goreng
    * 5 buah cabai rawit/sesuai selera
    * 2 buah cabai merah
    * 2 sendok teh kencur cincang
    * 1/2 sendok teh terasi
    * 1 sendok teh garam
    * 1 sendok makan gula merah
    * 150 ml air matang

Cara Membuat Karedok :

   1. Campur semua bahan sayur mentah dengan sambal kacang*, aduk rata.
   2. Hidangkan dengan taburan emping goreng/ krupuk.

* Cara bikin bumbu kacang: semua bumbu-bumbu di uleg sampe alus


lagi-lagi ini saya ambil dari internet
aslinya? sama mantapnya sama yang di atas
hehehe :)

salam atraksidapur :)
nabilla sekarsari

You Might Also Like

0 komentar

Followers